Sejarah Tenis Meja

Sejarah Tenis Meja, Tenis meja sebagai tipe olahraga kelompok permainan bola kecil yang dibuat dari celluloid. Olahraga satu ini benar-benar berlainan dan unik dibanding olahraga yang lain. Karena, olahraga tenis meja memakai bola memiliki ukuran kecil dan enteng dan memakai bet untuk memukul. Permainan tenis meja dimainkan memakai meja untuk tempat memantulkan bola, yang terbatasi oleh net pada bagian tengah meja. Permainan tenis meja ini dimainkan oleh 2 orang dalam bidang tunggal (single) atau 4 orang pada bidang double (ganda). Nama lain dari permainan tenis meja ialah pingpong. Olahraga ini dimainkan dengan memukul bola memakai bet atau raket sampai bola membal di atas meja dan ke arah segi meja musuh.

Sejarah Tenis Meja

Tenis meja atau pingpong sebagai miniatur dari tenis rumput yang kerap dimainkan di atas lapangan terbuka.

Permainan tenis meja pertama kalinya ditenarkan oleh bangsa Inggris semenjak tahun 1880-an atau era ke-19. Permainan tenis meja ini dipakai sebagai alternative permainan dalam ruangan saat musim dingin.

Permainan itu datang dari permainan tenis kuni pada tengah bernama seperti gossima dan whiff-whaff.

Tenis meja diperkembangkan oleh angkatan membawa senjata Inggris yang berkedudukan di India. Pada era ke-19, permainan tenis meja makin disukai di Inggris dan Eropa secara umum, selanjutnya Amerika Serikat.

Saat itu namanya ialah gossima atau pingpong. Bola yang dipakai ialah karet enteng dan tertutupi dengan kulit yang dirajut.

Istilah tenis meja baru ada sekitaran tahun 1921-1922, saat organisasi yang menampung beberapa pemain pingpong aktif kembali. Organisasi ini dibuat pada 1902, tetapi disetop pada 1905.

Perwakilan pemain pingpong dari beragam negara, seperti Jerman, Hongaria dan Inggris bergabung untuk membuat sebuah organisasi tenis meja tingkat internasional.

Organisasi itu selanjutnya dinamakan Federation Internationale de Tennis de Table atau Internasional Table Tennis Federation. Organisasi ini dibangun pada 1926 yang diprakarsai oleh Dr George Lehmann.

Beberapa anggotanya datang dari Inggris, Swedia, Hongaria, India, Denmark, Jerman, Cekoslowakia, Austria dan Wales. Sampai tengah 1990-an, lebih dari 165 negara sudah tergabung jadi anggotanya.

Di tanah Air, induk organisasi tenis meja Indonesia ialah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Semua Indonesia) yang dibangun di tahun 1958.

Awalnya, induk organisasi tenis meja Indonesia namanya PPPSI (Persatuan Ping Pong Semua Indonesia) yang dididirikan di tahun 1939, selanjutnya beralih menjadi PTMSI di tahun 1958.

Kejuaraan dunia untuk tenis meja, pertama kalinya diadakan pada 1926 di London, Inggris. Hongaria jadi juara persaingan pingpong sepanjang 9x beruntun.

Mulai Tengah 1950, beberapa olahragawan pingpong dari negara Asia mulai banyak muncul. Jepang dan Cina memimpin titel juara dalam persaingan tenis meja itu.

Pada 1980, saat kejuaraan dunia pertama diselenggarakan, Guo Yuehua dari Cina sukses jadi juara pertama kali dalam persaingan tenis meja.

Seiring waktu berjalan, tenis meja dikenalkan sebagai cabang olahraga di olimpiade semenjak 1998, dengan persaingan tunggal dan double putra dan putri.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *