Sejarah Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

Sejarah Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya, Permainan sepak bola menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Sebab, sepak bola sudah menjadi salah satu pertandingan paling difavoritkan di dunia.

Tak ayal, sederet pertandingan sepak bola selalu ramai disaksikan penonton. Terlebih, jika pertandingan itu dilakoni nama-nama besar seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, stadion dipastikan bakal terisi penuh.

Dengan kondisi ini, serba-serbi dalam dunia sepak bola pun menarik untuk dibahas. Salah satu yang mendasar adalah sejarahnya. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, mari menilik lebih jauh soal sejarah permainan sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

Sepak bola memiliki sejarah panjang. Sepak bola modern muncul di Inggris pada pertengahan abad ke-19. Tapi, versi lain dari permainan ini sudah ada jauh lebih awal. Hal ini pun turut dianggap sebagai bagian dari sejarah sepak bola.

Salah satu versi lain dari permainan sepak bola sudah ada pada 3.000 tahun yang lalu. Kala itu, permainan tim yang melibatkan bola turut dilakukan. Tepatnya, hal itu terjadi dalam budaya Mesoamerika Kuno. Itu oleh suku Aztec yang disebut Tchatali.

Pertandingan bola versi ini sendiri dilakukan dalam beberapa acara ritual. Bola dilambangkan sebagai matahari dan kapten tim yang kalah akan dikorbankan untuk para dewa. Hal unik dari permainan bola versi Mesoamerika adalah bola memantul yang terbuat dari karet.

Permainan bola pertama yang juga melibatkan tendangan, terjadi di China pada abad ke-3 dan ke-2 SM dengan nama cuju. Cuju dimainkan dengan bola bundar di atas bidang persegi.

(Pertandingan sepakbola)

Bentuk modifikasi dari permainan ini kemudian menyebar ke Jepang. Disana diberi nama kemari dan dipraktika dalam bentuk upacara.

Versi permainan cuju yang lebih tua adalah Marn Gook. Permainan ini dilakukan oleh orang suku Aborigin Australia. Menurut imigran kulit putih pada 1800-an, permainan bola ini utamanya melibatkan tendangan.

Variasi lain dari permainan bola telah dikenal dari masa Yunani Kuno. Bola dibuat dari serpihan kulit yang diisi dengan rambut. Namun, permainan bola memiliki status rendah dan tidak termasuk dalam Panhellenic Games.

Kisah yang paling diakui menceritakan bahwa permainan itu dikembangkan di Inggris pada abad ke-12. Pada abad ini, permainan yang menyerupai sepak bola dimainkan dipadang rumput dan jalanan di Inggris.

Selain dari tendangan, permainan juga melibatkan pukulan bola dengan kepalan tangan. Bentuk awal sepak bola ini juga lebih kasar dan keras daripada cara bermain sepak bola modern.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *