Sejarah dan Perkembangan Olahraga Golf

Sejarah dan Perkembangan Olahraga Golf, Jika menyebut olahraga Golf maka kebanyakan orang akan menyebut golf sebagai jenis olahraga kalangan elit. Tidak bisa dipungkiri harga sewa lapangan hingga peralatan golf memang sangat mahal. Maka tidak heran jika kebanyakan orang yang memainkan permainan golf berasal dari kalangan atas termasuk para pejabat-pejabat tinggi.

Sejarah Perkembangan Olahraga Golf di Dunia

Menurut sejarah, permainan golf ini pertama kali dimainkan sekitar tahun 1100. Permainan ini terinspirasi dari seorang pengembala Skotlandia yang selalu memukul bebatuan kecil dengan tongkat dan mengarahkannya menuju lubang kelinci. Saat ini lokasi tersebut telah berubah menjadi The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews.

Seorang ahli sejarah dari Univertas Lanzhou juga menyatakan jika permainan golf ini pertama kali ditemukan di Cina. Menurutnya, permainan golf telah dimainkan di Cina sejak zaman dinasti Tang Selatan.

Bahkan, permainan golf ini sudah jauh populer dimainkan oleh masyarakat Cina jauh sebelum populer di Skotlandia. Menurut arsip Cina, para pejabat dinasti Tang Selatan saat itu mengajari putrinya untuk menggali lubang di tanah kemudian memasukkan bola ke dalam galian lubang tanah tersebut.

Beberapa orang juga menyebutkan jika permainan golf ini sebenarnya berasal dari Belanda. Olahraga ini  telah dimainkan oleh masyarakat Belanda sekitar tahun 1297 di sebuah kota yang bernama Loenan Aan De Vecht. Ketika itu, permainan golf ini dimainkan dengan menggunakan bola kulit dan juga tongkat.

Sebelum dikenal dengan nama golf, golf sendiri pada awalnya dijuluki dengan nama gouf. Kemudian, seiring berkembangnya zaman, nama gouf pun berubah menjadi goulf yang memiliki arti memukul.

Selain itu, ada pula yang menyebutkan jika nama golf ini merupakan singkatan dari Gentlemen Only Ladies Forbidden. Penamaan tersebut mengarah kepada fakta sejarah jika permainan golf memang hanya dikhususkan kepada laki-laki bukan perempuan.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa lapangan golf tertua yang ada di dunia berada di Musselburgh Racecourse. Lapangan golf tersebut bernama The Old Links. Ratu Mary yang berasal dari Skotlandia dikabarkan pernah bermain golf di lapangan ini.

Bukti menarik yang lain dari riwayat perubahan permainan golf ini ialah berkenaan jumlah lubang yang dipakai. Pada awalnya, jumlah lubang yang dipakai untuk bermain golf adalah 11 lubang bukan 18 lubang. 11 lubang itu dipakai dalam jarak yang bersisihan keduanya.

Selanjutnya, ide permainan golf ini kembali berbeda pada tahun 1767. Waktu itu, jumlah lubang yang dipakai adalah sekitar 9 lubang apabila dimainkan secara bolak-balik karena itu jumlah lubang secara keselurahan sejumlah 18 lubang.

Alat yang dipakai untuk bermain golf waktu itu dibuat dari kayu bukan dibuat dari besi seperti stik golf yang kerap Anda saksikan atau pakai ini hari. Begitu halnya bola golf, di mana pada jaman jaman dulu, bola golf masih dibuat berbahan kayu. Berlainan dengan bola golf yang dipakai ini hari yang sudah telah dibuat berbahan karet padat dan polimer.

Seiring waktu berjalan, permainan golf makin mengalami perkembangan dengan cepat sekali. Permainan ini bukan hanya populer di daerah Skotlandia saja tapi juga sudah populer di beberapa seluruh dunia. Sampai ini hari, permainan ini sudah dimainkan oleh beberapa golongan wanita hingga tidak ada batas kembali untuk wanita untuk bermain permainan golf ini.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *