Sejarah Bulu Tangkis, Pengertian, dan Istilah-istilahnya

Sejarah Bulu Tangkis, Pengertian, dan Istilah-istilahnya, Riwayat badminton kuat dengan asal-usulnya yang diprediksi berkembang pertama kalinya di jaman Cina kuno. Ketahui pemahaman badminton dan istilah-istilahnya cukup penting terutamanya untuk mereka yang ingin memperdalam permainan ini.

Badminton ialah cabang olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Alat yang diperlukan untuk olahraga ini ialah raket dan shuttlecock (kok) yang berperan sebagai bola.

Badminton bisa dimainkan dalam atau di luar lapangan. Lapangan badminton selalu terdiri jadi dua yang dipisah oleh net dan terbatasi oleh garis-garis dalam jarak tertentu.

Sejarah Bulu Tangkis

Asal mula badminton diprediksi berkembang pertama kalinya di jaman Cina kuno melalui permainan jianzi. Jianzi sebagai permainan simpel yang memakai shuttlecock dan kemampuan kaki.

Ketentuan permainan ini ialah jaga supaya shuttlecock masih tetap ada di udara sepanjang kemungkinan dan tidak jatuh ke tanah. Pemain dilarang memakai tangan dan cuman dibolehkan menggunakan kaki.

Selainnya di Cina, olahraga badminton dipercayai berkembang melalui permainan battledores yang terkenal di Inggris tempo dahulu. Permainan ini memakai sebuah tongkat pemukul untuk jaga shuttlecock masih tetap ada di udara dan tidak jatuh ke tanah.

Mencuplik buku Pengajaran Jasmani,Olahraga dan Kesehatan untuk kelas VIII, olahraga badminton dimainkan secara bersaing memakai net mulai ada di era 19 di Pune, India.

Dulu, kota Pune dikatakan sebagai Poona, karenanya bermainnya dikatakan sebagai poona pada periode itu.

Disekitaran tahun 1850, poona selanjutnya dibawa ke Inggris oleh beberapa tentara Kerajaan Inggris yang waktu itu menjajah India. Selanjutnya pada tahun 1860, permainan yang awalannya disebutkan poona atau battledores ini mulai dikatakan sebagai badminton.

Penyebutkan ini dilaksanakan sesudah permainan itu diadakan di Badminton House punya Duke de Beaufort di Gloucestershire, Inggris.

Semenjak waktu itu, permainan badminton jadi terkenal dan alami perubahan cepat. Badminton atau badminton ini selanjutnya dibawa oleh beberapa orang Belanda dan pada akhirnya masuk ke Indonesia.

Di tanggal 5 Juli 1934, dibangun International Badminton Federation (IBF), sebuah organisasi yang atur aktivitas badminton pada tingkat internasional.

Di Indonesia sendiri, organisasi Persatuan Badminton Semua Indonesia (PBSI) mulai dibangun pada 5 Mei 1951. Indonesia selanjutnya sah jadi anggota IBF di tahun 1953.

Istilah Pukulan dalam Bulu Tangkis

Di dalam permainan badminton, ada banyak istilah yang mengarah pada tehnik pukulan tertentu. Berikut beberapa istilah pada badminton dan pengertiannya:

Pukulan Servis

Service ialah pukulan menerbangkan shuttlecock dengan raket ke kotak service lapangan musuh yang sudah dilakukan secara diagonal/bersilang. Pukulan ini dilaksanakan pada awal permainan sebagai pembuka atau untuk mengawali rally permainan. Berikut beberapa macam pukulan service seperti diambil dari buku Pengajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas VII :

1. Servis pendek (short service) Shuttlecock dipukul dan menyusur tipis melewati net.

2. Servis panjang (long service) Memukul shuttlecock setinggi-tingginya agar jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan.

3. Servis datar (drive service) Shuttlecock dipukul dengan cepat, keras, dan datar sehingga dapat melewati net secara sejajar dengan lantai.

4. Servis cambuk Servis yang dilakukan dengan cara mencambuk atau memukul shuttlecock secara mendadak.

Pukulan Lob

(Clear) Lob adalah pukulan yang dilakukan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin dan mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Lob dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

1. Overhead lob Pukulan lob ini dilakukan dari atas kepala. Pukulan tersebut akan membuat shuttlecock terbang melambung ke arah belakang lapangan lawan.

2. Underhead lob Pukulan lob yang dilakukan dari bawah. Shuttlecock yang berada di bawah badan dipukul dan dilambungkan tinggi ke arah belakang lapangan lawan.

Pukulan Drop Shot

Turun shot ialah tehnik memukul dalam badminton untuk menerbangkan shuttlecock ke tempat musuh dan masih tetap ada di dekat jala. Pukulan ini dilaksanakan dengan dorongan yang perlahan atau halus supaya shuttlecock dapat jatuh di dekat net.

Pukulan Smash

Smash sebagai tehnik memukul shuttlecock yang dihandalkan untuk cetak point. Smash dilaksanakan dengan memukul shuttlecock secara keras dan cepat. Arah pukulan smash umumnya menukik tajam ke bawah sampai shuttlecock masuk ke tempat lapangan musuh. Tenaga dan kecepatan yang tinggi benar-benar dibutuhkan untuk membuat pukulan smash yang bagus.

Macam-macam teknik dalam pukulan smash:

1. Smash penuh Shuttlecock dipukul dengan daun raket sepenuhnya dengan kekuatan maksimal.

2. Smash potong Pukulan tidak dilakukan dengan keras, namun shuttlecock dapat meluncur dengan lebih tajam dan terarah.

3. Around the head smash Smash dilakukan dengan lengan yang berputar dan mengitari/dilingkarkan di atas kepala.

4. Backhand smash Pukulan smash yang dilakukan menggunakan daun raket bagian belakang.

Pukulan Drive

Pukulan drive ialah tehnik memukul shuttlecock dengan cepat dan tiba-tiba ke musuh. Pukulan ini umumnya dilaksanakan secara diagonal atau lempeng di depan. Arah dari pukulan drive ialah supaya musuh susah kembalikan shuttlecock. Pukulan drive menuntut pergerakan tangan yang cepat, reflek, dan kemampuan pergelangan tangan yang bagus.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *